Senin, 04 Januari 2010

ALAM

Segala apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya. Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya:"Jadilah". Lalu jadilah ia. (QS. 2:116-117)


                                Menurut ajaran islam segala sesuatu yang bukan Allah adalah alam. Seluruh alam ini adalah makhluk ciptaan. Allah disebut sebagai Al-Khalik, Dia yang menciptakan atau mengadakan segala yang ada. Adapun manusia walaupun sepintar apapun, tidak sanggup menciptakan dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Manusia hanya sanggup sekedar menciptakan sesuatu dari sesuatu yang telah ada. Jadi manusia bukanlah mencipta melainkan mengubah bentuk dan susunan yang ada.
            Pandangan islam tentang alam adalah, bahwa alam itu diciptakan oleh tuhan secara sengaja, dengan nyata (riil), dengan konkrit, bukan dengan main-main, bukan maya.


Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataan-Nya di waktu Dia mengatakan:"Jadilah, lalu jadilah", dan ditangan-Nyalah segala kekuasaan di waktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nampak. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (QS. 6:73)


Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya tanpa hikmah.Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. (QS. 38:27)
Dan tidaklah Kami ciptalan langit dan bumi dan segala yang ada diantara keduanya dengan bermain-main. (QS. 21:16)


            Alam semesta terikat dengan aturan-aturan atau hokum-hukum yang diciptakan oleh tuhan, sehingga tiada satupun dalam alam ini yang tidak tunduk, taat, patuh kepada aturan-aturan dan hokum-hukum tuhan. Menurut terminologi islam hokum alam yang pasti itu disebut “sunatullah” artinya undang-undang Allah bagi alam semesta.


yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(-Nya), dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya. (QS. 25:2)


Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah-lah mereka dikembalikan. (QS. 3:83)


            Karena seluruh alam ini tunduk patuh kepada hokum-hukum ciptaan tuhan itu, maka isi ala mini dapat diselidiki, dipelajari dan dimanfaatkan utuk kesejahteraan hidup manusia.


Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.- (QS. 45:13)


Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin.Dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan. (QS. 31:20)


cepsasdika.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar