Kamis, 04 Februari 2010

Hikmah Mengerjakan Shalat

“Jika shalat kita lakukan secara benar, maka Allah akan melimpahkan karunia dan pertolongan. ”Hai orang-orang beriman, mintalah pertolongan pada Allah dengan sabar dan shalat.” (QS Albaqarah:153).”



Shalat adalah ibadah yang penuh dengan hikmah. ”Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang bagi orang-orang beriman sudah ditetapkan waktunya.” (QS Annisa: 103). Rasulullah saw mencontohkan agar kita melaksanakan shalat tepat waktu. Makna yang bisa digali, kita diajarkan untuk hidup dengan budaya on time ‘tepat waktu’.
Shalat juga melatih kita hidup secara tertib. Gerakan shalat dilakukan secara tertib mulai dari ”takbir” hingga ‘’salam”. Bayangkan, apa yang akan terjadi jika kita shalat menggunakan gaya masing-masing? Si A mengawali shalatnya dengan takbir, lalu langsung sujud, sedang si B melakukannya dengan gaya khas yang ia ciptakan sendiri, sambil berkata, ”Yang penting aku shalat!”
Kita tidak boleh melaksanakan yang demikian sebab gerakan shalat sudah ada urutannya. Rasulullah saw bersabda, ”Shalatlah kalian seperti kalian melihatku melakukan shalat!”
Jika shalat kita lakukan secara benar, maka Allah akan melimpahkan karunia dan pertolongan. ”Hai orang-orang beriman, mintalah pertolongan pada Allah dengan sabar dan shalat.” (QS Albaqarah:153). Wallahu a’lam bish showab.


cepsasdika.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar